Minggu, 20 November 2016

Pertemuan ke Dua

Senin, 21 November, 2016

Lo inget nggak sih, beberapa kali lo ditolong orang asing di saat lo sedang mengalami kesulitan di tempat umum, entah di jalan, di mal, di kendaraan umum, dsb? Mungkin orang itu dorongin mobil lo yang lagi mogok. Mungkin orang itu bayarin ongkos lo naik angkutan umum saat lo lupa bawa uang kecil dan supir/keneknya ngga punya kembalian. Mungkin orang itu minjemin e-toll-nya saat lo masuk GTO tapi lo lupa kalo lo ngga bawa e-toll.

Bantuan dari orang2 asing itu bisa kecil, bisa gede. Tapi yang jelas pada saat itu lo ngerasa sangat bersyukur dan berterimakasih. Lo berharap bisa bales kebaikan mereka. Tapi lo ngga bisa. Karena kalian ngga saling kenal, dan setelah kejadian itu mungkin lo udah ngga pernah ketemu lagi sama orang2 itu. Lo cuman bisa berdoa, semoga Tuhan membalas kebaikan mereka berkali lipat.

Tapi lo inget nggak sih tampang mereka kaya apa? Di antara sekian banyaknya orang asing yang pernah nolongin lo dengan ikhlasnya, ada nggak sih, satuuu aja yang bisa lo inget tampangnya kaya apa?

Saat lo ditolong, lo berharap suatu hari nanti lo bisa ketemu mereka lagi dan gantian nolongin mereka. Tapi masalahnya, lo inget muka mereka aja agak mustahil kan?

Mungkin sebenernya lo ketemu lagi sama mereka. Kalo pas kebetulan mereka butuh pertolongan lo sih, walaupun di pertemuan ke dua itu kalian sama2 lupa kalo pernah ketemu sebelumnya, pasti lo akan otomatis nolongin. Bukan karena lo inget itu siapa, tapi karena pada dasarnya manusia akan refleks menolong orang yang butuh pertolongan.

Masalahnya adalah, di pertemuan ke dua lo dengan orang yang pernah nolongin lo, mungkin kondisinya ngga seperti itu. Mungkin di pertemuan ke dua, dia adalah orang yang nyerobot antrian lo, atau nyalip mobil lo, atau motornya nyenggol mobil lo, atau ngerokok di deket lo, atau ngga ngasi lo jalan saat lo mau nyebrang di zebra cross, atau hal2 menyebalkan lainnya.

Mereka emang pernah nolongin lo, dan saat itu lo amat sangat berterimakasih. Tapi gimanapun juga, bukan salah lo dan bukan salah mereka, kalo kalian saling lupa muka satu sama lain. Saat lo ketemu lagi, orang itu udah bukan siapa2 buat lo. Saat dia melanggar hak lo, ya lo pasti marah.

Mungkin orang2 lain udah punya pemikiran seperti ini, atau mereka pada dasarnya udah baik aja ya, ngga kaya gue, cuma tiba2 gue punya ide untuk ngga marah sama orang asing.

Pas masi SD gue suka dibully sama anak2 lainnya. Orangtua gue selalu bilang, "Kamu jangan mau dong digituin. Kamu harus berani ngelawan mereka."

Akhirnya, sampe sekarang gue masih suka mikir, bahwa kalo hak gue dilanggar, gue harus marah, gue harus bales. Karena kalo ngga gitu, berarti gue pengecut. Gue jadi temperamental dan model2 senggol dikit bacok.

Tapi mulai sekarang, semoga gue bisa ngga pernah marah lagi sama orang2 asing yang ngerokok di deket gue, ngga ngasi jalan di zebra cross, atau bahkan mas2 pinggir jalan yang suka iseng godain.

Salah satu alasan gue adalah, mungkin di masa lalu mereka pernah nolongin gue, atau di masa depan bisa aja mereka akan nolongin gue. Gue cuma lupa aja muka mereka. Gue kan bukan binatang, yang ngga pernah lupa sama orang yang pernah nolongin. (Sekali2 lah binatang dikonotasikan dengan sesuatu yang positif)

Emang orang yang ngelanggar zebra cross, ngerokok sembarangan, nyerobot antrian itu salah, merugikan, dan ngeselin. Dan belom tentu juga mereka salah satu dari orang yang pernah nolongin lo. Tapi secara lo juga ngga inget muka penolong2 lo itu kaya apa, ya pukul rata aja lah, baik aja sama semua orang. Ngga ada ruginya ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar