Senin, 11 April 2022

Nyokap Gue Kena Stroke, Part 1: Swag test!

Nyokap gue baru aja kena stroke, sekitar akhir Maret. Pas nyokap kena stroke, gue shock dan sedih banget. Gue sangat terpukul, teriak-teriak, meratapi nasib, dan menangis histeris. Semua itu karena satu hal: swab test bajingan!

Sebagai satu-satunya di keluarga yang nggak punya bayi, udah pasti gue yang harus nungguin nyokap di rumah sakit. Sebenernya, gue nggak ada masalah nungguin orang di rumah sakit. Namun, seperti yang kita semua ketahui, di masa pandemi yang nggak kelar-kelar ini, semua pasien dan penunggu wajib PCR sebelum menjalani rawat inap! Khusus bagi penunggu (hanya yang kasat mata), wajib PCR sekali seminggu, atau antigen 3 hari sekali, walaupun mereka di rumah sakit terus, di kamar pasien terus, nggak ke mana-mana.

Kan bangkek ya!

Pertama, biaya rawat inap makin mahal! PCR dan antigen pastinya tidak ditanggung asuransi. Kedua… faaakkk! Ngeri banget idung gue dicolok-colok benda asing nggak jelas! Ugh! I hate swab test! Bisa nggak sih diganti aja jadi swag test?

Asli! Beneran, gue kalo diswab selalu drama banget! Nggak pernah nggak!

Jangan bayangin gue diswab layaknya orang normal yang tinggal duduk diem, dicolok, paling matanya kedip-kedip doang atau berair dikit, atau paling parah udahannya bersin-bersin. Gue kalo lagi diswab lebih mirip orang lagi dirukiyah!

Eh bener nggak sih namanya rukiyah? Tau kan, exorcism, kalo orang kerasukan setan, terus setannya diusir pake doa-doa dan air suci gitu. Biasanya dilakukan oleh seorang pemuka agama atau lebih.

Gue tiap diswab minimal harus dipegangin tiga orang. Satu megangin kaki, satu megangin tangan, satu megangin kepala… lah yang nge-swab siapa dong? Oke, minimal 4 berarti.

Oke, balik lagi ke kejadian nyokap gue dirawat inap karena stroke, sebagai penunggu, pilihan gue antara:

1. hidung gue dicolok seminggu sekali, tapi lebih mahal, atau

2. lebih murah, tapi setelah 3 hari idung gue mesti dicolok lagi.

Setakut-takutnya gue sama PCR, gue tetep lebih pilih yang murah. Jadi antigen lah gue.

Pas gue dateng nih ke tempat swab, gue udah wanti-wanti nih nakes-nakesnya. “Sus, ini saya takuuut banget loh sebenernya diswab. Tapi karena harus jagain ibu saya, saya terpaksa banget ini diswab.”

Dengan wajah penuh kesabaran dan suara penuh kehangatan, susternya berkata, “Oh, nggak papa kok, Bu. Kami sudah biasa.”

He?? Udah biasa?? Wahh… Gue yakin dia nggak tau apa yang akan dihadapinya.

Kalo bener dia biasa nge-swab orang macem gue, gue yakin, pandemi baru 3 bulan juga dia udah resign! Dia pasti udah cari kerjaan lain! Yakin gue! 100%! “Yawlaah… bayaran gue nggak seberapa, ngeswab orang gini amat!” terus pindah cari kerjaan lain tuh orang!

Tapi ya udah lah, yang penting gue udah wanti-wanti. Gue duduk, siap-siap diswab, tegang banget, ya kan. Nah… mulai deh tuh rukiyah! Ada yang megangin kaki, megangin tangan, megangin kepala, megangin dada…

Dadanya sendiri loh ya. Siyok dia tuh ngeliat kelakuan gue!

Heboh lah itu. Gue dipegangin sambil teriak-teriak gitu. Ada yang sambil nyipratin air suci, ada yang sambil komat-kamit. Mana swab kalo di rumah sakit dalem banget kan. Pernah nggak lo swab di rumah sakit? Beda loh kedalamannya. Asli, dalem banget! Sampe nembus ke belakang kepala tuh gue rasa!

Gue juga kasian sama yang ngeswabin gue. Asli! Kasian loh mereka. Sampe akhirnya, pada satu titik, salah satu nakes itu pun menghembuskan nafas lelah tak berdaya sambil bertanya, “Bu, ini bener-bener udah nggak ada lagi nih yang bisa jagain pasien selain ibu?”

Yee… kan tadi gue udah bilang…

Yawlah…, kasian banget dia. Gue yakin tiap gue swab, bukan cuma gue yang trauma. Nakesnya juga ikutan trauma!

Tapi akhirnya, setelah segala drama dan pergumulan lahir batin, berhasil juga loh gue diswab! Gue lega banget, tapi yang lebih lega lagi adalah para nakes yang nge-swab gue tentunya. Wajah-wajah mereka yang penuh kesabaran dan kehangatan telah berubah menjadi wajah-wajah sepet siap resign.

Abis diswab gue minta maaf dan berterimakasih ke nakes-nakes itu, gue keluar dari ruang swab, dan nunggu sekitar 10 menitan sampai hasilnya keluar.

Gue dipanggil sama salah satu nakes untuk ngeliat hasilnya.

“Bu…, maaf…, hasilnya positif,” ujarnya.

“Po…, positif…?”

“Iya, Bu, positif kerasukan setan.”

 Ternyata gue emang dirukiyah!

Pantesan aja tadi nusuknya dalem banget! Ternyata gue bukan diswab, tapi dipasangin paku lewat idung!

 

(to be continued! Percaya lah! Masih banyak drama seputar nyokap gue kena stroke)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar