Senin, 11 April 2022

Nyokap Gue Kena Stroke, Part 2: Anak Brengsek

Oke, jadi, akhirnya perkara swab udah beres.

Buat jaga-jaga jikalau di antara kalian ada yang kelewat polos dan lugu, iya, di tulisan (entry) sebelumnya, gue bercanda, gue beneran diswab, bukan dirukiyah. Sampai sini paham?

Yah, jadi, sedikit review, beberapa minggu lalu, nyokap gue terkena serangan stroke ringan dan harus dirawat di rumah sakit selama 11 hari. Kalau di tulisan sebelumnya, gue udah cerita soal drama swab, kali ini gue mau cerita lebih lanjut seputar hal-hal lain yang gue hadapi ketika nyokap kena stroke.

Lo tau, kalo ada anggota keluarga kena musibah, apalagi sakit kritis kaya stroke gitu, yang paling capek apa? Bales-balesin WA dari temen-temennya!

Gejalanya gimana? Kejadiannya gimana? Kenapa bisa kena? Jatuh nggak? Bibirnya miring nggak? Pingsan atau sadar?

Capek gue banyak banget yang nanya-nanya doang ngga beli.

Apalagi yang sampe nanya berkali-kali, minta update mulu, sampe telepon-telepon. Beneran, bukan cuma 1 loh yang kaya gini. Banyak! Nyokap gue banyak banget temennya, nggak kaya gue!

“Tante minta update-nya dong, soalnya Tante khawatir kalo nggak ada update.”

Hey! Don’t make this about you! This is not about you!

Iya, gue tau, gue paham, mereka tuh bener-bener peduli sama nyokap gue. Mereka sayang banget sama nyokap gue dan mereka sangat khawatir. Gue pun sangat terharu dan berterimakasih atas kasih sayang dan perhatian mereka. Tapi kan tugas kami anak-anaknya adalah merawat nyokap, mengurus administrasi rumah sakit, dan mengurus klaim asuransi, bukan menjawab pertanyaan para sahabat. Emangnya kami admin fanpage nyokap?

Duh, yawlaah… temen nyokap bakal pada benci deh nih sama gue. Asli! Sampe ada yang udah nanya-nanya panjang lebar, cuma gue jawab, “Iya, Tante, terimakasih ya.” Sumpah! Bukan ada lagi. Gue copas jawaban itu ke semua orang yang nanya.

Ya, sebenernya sih gue pingin bikin klarifikasi soal kondisi nyokap secara detail di Pod Cast Oom Deddy, biar semua orang nggak nanya-nanya lagi soal kondisi nyokap gue. Namun apa daya, gue bukan siapa-siapa. Dalam rangka apa Oom Deddy ngundang gue?

Gue tuh bukannya repot banget ngurusin nyokap, nggak! Aduh, gue jadi ngerasa nggak enak, karena nyokap mikirnya gue nggak sempet bales-balesin WA itu karena gue repot ngurusin dia. Padahal nggak sama sekali! Gue aja yang emang pada dasarnya males bales chat orang. Kalo gue cepet banget bales chat dari lo, lo boleh ngerasa spesial.

Kenapa sih orang nanyanya pada detail-detail amat? Biar apa gitu?

Apalagi yang udah nanya detail banget, terus buntutnya bilang, “Tante bantu doa ya.”

Bukannya doa nggak membantu ya. Gue berterimakasih sekali kepada orang-orang yang membantu, termasuk membantu mendoakan. Bener, terimakasih loh. Itu berarti sekali, dan kami sekeluarga sangat percaya akan kekuatan doa.

Tapi kalau memang mau bantu mendoakan, ya nggak perlu kan tanya sedetail itu? Lo mau laporan ke Tuhan? Ya kan Tuhan juga tau keadaan nyokap gue kaya apa.

“Gejalanya gimana? Tekanan darahnya berapa? Dikasi obat apa sama dokter?”

Kalau Anda dokter dan bisa memberi second opinion terhadap perawatan ibu saya, silakan. Tapi kalau mau berdoa untuk ibu saya, yang saya khawatirkan, Anda nanti berdoa bukan baca buku doa, Al-Quran, yasin, tapi baca catatan medis ibu saya sama resep dokter!

“Ya Allah, turunkan lah tekanan darah teman saya dari 170/95 menjadi… sebentar ya Allah, saya lupa berapa tekanan darah yang normal. Saya mau lihat broadcast WA grup dulu ya Allah…” (ya ibu-ibu kan cari info bukan dari gugel, tapi dari broadcast WA)

“Ya Allah, berikan lah teman saya Brainact tablet 500 miligram dan Kalnex tablet 500 miligram 3 kali sehari, diminum setelah makan. Bila sakit berlanjut, hubungi dokter, ya Allah!”

Masa doa kaya gitu? Nggak mungkin kan?

Masalahnya tulisan dokter kan Tuhan lebih paham cara bacanya. Saya takutnya, Anda salah baca.

Ibaratnya gini, misalnya nih temen nyokap WA ke nyokap. “Kasian, anak lo belom dapet jodoh ya. Gue bantu doain deh. Emang lo pinginnya anak lo dapet jodoh yang gimana?”

Terus nyokap bales, WA juga kan, “Gue sih pinginnya anak gue dapet jodoh yang tinggi, cakep, buat memperbaiki keturunan, seiman, sesuku, tapi kalo bisa sih jangan yang sejenis.”

Dalam bahasa/tulisan WA menjadi “Gw sih pgnnya anak gw dpt jodoh yg tinggi, cakep, buat memperbaiki keturunan, seiman, sesuku, tp kalo bisa sih jg yg sejenis.”

Temen nyokap pun membalas, "Siap!" dan dia pun segera berdoa sama Tuhan, sambil baca WA nyokap. "Ya Tuhan, berilah anak teman saya jodoh yang tinggi, cakep, buat memperbaiki keturunan, seiman, sesuku, tapi kalo bisa sih...”, lalu dia bingung, “Jg? apaan nih jg? Juga kali ya..."

"Ya Tuhan, berilah anak teman saya jodoh yang tinggi, cakep, seiman, sesuku, juga sejenis."

Ya bahaya kan kalo gue dapet jodoh sejenis, sama-sama guru les, sama-sama miskin, sama-sama nggak bisa berkontribusi untuk pengobatan nyokap gue.

Ya iya sih, nyokap gue kan juga berdoa. Tapi kalo keimanan temen nyokap lebih tebel, nanti doa dia yang dijabah.

Gue rasa, kalo temen nyokap baca tulisan gue ini, doa mereka bakal berubah: “Ya Allah, semoga kalau saya sakit nanti, anak saya tidak seperti anak teman saya ini, ya Allah! Judes banget! Orang kan niatnya mau bantu!”

Btw, temen-temen nyokap nggak cuma bantu doa loh ya. Mereka juga nyumbang uang banyak banget dan tiap hari ada aja yang ngirimin makanan. Temen-temen gue pun pada ngirimin makanan setelah akhirnya gue terpaksa ngasi tau mereka soal nyokap. Yang pasti, dari pihak keluarga, saudara-saudara nyokap dan sepupu-sepupu gue sangat banyak membantu dari segi moril dan materil. Terikamasih banyak ya untuk kalian semua yang saya sebutkan di paragraf ini. Maafkan kalau saya judes tiap ditanya update ibu saya. Emang dasarnya judes aja.

 

(to be continued! Percaya lah! Masih banyak drama seputar nyokap gue kena stroke)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar