Jumat, 26 September 2014

Niatnya Mau Rajin Nulis Blog

Sabtu, 27 September, 2014

Baruu aja ngeliat daftar tulisan dari bulan ke bulan. Tuh kan, bener kan.. Juni - Juli getol banget nulis blog, bisa hampir tiap hari, tiap hari malah. Kadang sehari sampe lebih dari satu kali. Eeh.. Agustus - September sepi banget.. Emang sih, di bulan-bulan ini justru sebenernya kan liga-liga baru dimulai. Tapi ya kali gue rajin bener ngeliput liga tiap minggu. Mending jadi reporter bola sekalian.

Eh tapi dulu pas SMP - SMA emang gue serajin itu lho. Tiiiap senin selalu nulis liputan tiap pertandingan liga Italia di buku gue. Sampe gue bikin sendiri tuh tabel klasemen sementara, statistik dan grafiknya segala. Terus buku itu sering dipinjem-pinjem deh sama temen-temen sekelas. Tiap senin pasti pagi-pagi heboh banget ngomongin pertandingan. Ya, dulu gue emang punya cita-cita jadi reporter bola. Makanya sempet nyasar masuk ke FIKOM.

Tapi hari ini gue nggak mau bernostalgia lama-lama. Seperti biasa, setelah lama jarang nulis blog, gue selalu bertekad untuk disiplin nulis tiap hari. Biar apa? Kalo kata orangtua sih, biar ngga pikun. Selain itu, dengan nulis blog tiap hari, gue bisa baca-baca lagi di kemudian hari, untuk refleksi, apa aja yang sudah gue lakukan selama ini, apa yang gue pelajari. Karena, kalo kita mau belajar, tiap hari, bahkan setiap saat, selalu ada yang bisa kita pelajari. Dan menulis bisa membantu kita untuk belajar lebih efektif.

Ngomong-ngomong soal belajar, kadang inspirasi itu muncul di saat yang nggak disangka-sangka. Dua malam yang lalu, gue sama adek gue yang cewek, nginep di rumah kontrakannya adek kita yang cowok. Kita nonton film judulnya 'The Boat That Rocked'. Bagus deh, coba tonton.

Nah, setelah selesai nonton, adek gue yang cowok mau mandi. Tapi ternyata airnya mati! Akhirnya si adek nggak jadi mandi. Kita pun langsung tidur bertiga di atas satu kasur.

Menjelang tidur itulah, entah kenapa, tiba-tiba aja gue kepikiran, gue bersyukur, betapa beruntungnya gue bisa tidur di atas kasur yang nyaman, di sebelah dua orang yang paling gue sayang. Gue ngebayangin, gimana coba rasanya orang-orang yang harus tidur di jalanan, cuma pake koran. Gimana rasanya orang-orang di daerah konflik atau perang, yang mungkin udah kehilangan orangtua mereka, adek, kakak mereka, anak-anak mereka. Mereka juga ketakutan setiap saat.

Namun...ketika gue sedang sibuk mensyukuri keadaan gue, tiba-tiba aja gue kebelet...buang air besar (biar sopan..hehe). Bayangin ngga sih? Tengah malem, air mati... Akhirnya gue berusaha tidur sambil terus membayangkan anak-anak korban perang, biar setidaknya gue inget, ada yang lebih menderita dari malem-malem kebelet BAB pas lagi nggak ada air.

Nggak asik banget ya.. Yah, itu salah satu pengalaman kecil dan inspirasi yang gue pingin ceritain ke orang-orang.

Selain itu, yah, biar gue ngga sering-sering aja curcol-curcol goblok di timeline media sosial. Setidaknya kalo gue curhatnya di blog, yang baca cuma orang-orang yang buka blog gue. Jadi nggak ganggu orang lah setidaknya.

Karena pada dasarnya kan setiap manusia, atau mungkin hampir semua, butuh temen cerita, butuh mengeluarkan unek-uneknya. Karena itulah kita sangat butuh curhat. Karena itulah manusia mahluk sosial. Pada saat manusia-manusia yang pingin curhat itu ngerasa nggak didengerin sama orang-orang di sekitarnya, saat itulah mereka jadi curhat di timeline media sosial.

Baiklah, jadi, gimana caranya supaya gue bisa rajin nulis blog tiap hari? Salah satu caranya adalah, mulai hari ini gue akan membuat jadwal bahasa yang digunakan di blog ini per hari. Sekalian gue belajar bahasa. Berhubung nggak selalu ada temen buat praktekin, nulis blog dalam bahasa yang sedang gue pelajari, gue harap bisa lah membantu gue belajar.

Jadi mulai hari ini, setiap sabtu gue akan nulis dalam Bahasa Indonesia. Karena itulah, kalo ada yang perhatiin, di atas gue nulis 'media sosial', bukan 'social media'. Gue bisa menulis dalam Bahasa Indonesia yang baku maupun slang. Yang penting, gue harus tetep latihan nulis dalam Bahasa Indonesia. Karena suatu kali gue pernah keseringan nulis dalam Bahasa inggris, eh pas mau nulis dalam Bahasa Indonesia kok malah jadi kaku?

Jadi, hari ini giliran gue nulis dalam Bahasa Indonesia. Minggu gue nulis dalam Bahasa Inggris, Senin Italia, Selasa Spanyol, Rabu Portugis, Kamis Prancis, Jumat Jerman.

Tapi ya, asal tau aja, Bahasa Italia gue nggak sebagus Bahasa Inggris, apalagi Bahasa Indonesia gue. Sementara Bahasa Spanyol gue nggak sebagus Bahasa Italia, Bahasa Portugis nggak sebagus Bahasa Spanyol, sementara, Bahasa Prancis dan Jerman bener-bener baru belajar dari dasarnya banget. Jadi harap maklum, kalau dari hari sabtu ke hari jumat, perbendaharaan kata gue jadi semakin terbatas. Dan buat kalian, siapapun yang Bahasa Italia, Spanyol, Portugis, Prancis, Jerman, Inggris-nya lebih bagus dari gue, gue minta diralat kalo ada salah. Eh, Bahasa Indonesia juga lho. Kalo gue sok-sok nulis yang baku tapi ada ejaan atau imbuhan yang salah, atau ada penggunaan suatu kata yang kurang pas, mungkin, silakan lho, saya terima masukannya dengan senang hati. Karena kadang orang kita itu suka sok-sokan pake Bahasa asing, terutama inggris, kalo ada orang ngomong Bahasa inggris salah-salah dikit, paling semangat ngeritiknya. Tapi giliran ngomong Bahasa Indonesia seenaknya aja. Contohnya apa? Itu lho, yang paling sering, dan bagi gue ganggu banget tuh orang pada sering ketuker antara 'di' sebagai imbuhan, dan 'di' sebagai kata depan. Iihhh... Gemeees! Beneran deh! Apa susahnya sih nulis dipisah, disambung, dipukul, dibaca, ditulis, di mana, di rumah, di kantor, di saat, di sini, di sana. Jelas-jelas kalo kalimatnya aktif, 'memukul', bukan 'me mukul', ya kan!

Ah tuh kan jadi curhat. Nah kaya gini-gini nih yang gue maksud. Kan ganggu kalo gue nulis di timeline media sosial, marah-marah soal beginian. Kalo di blog gini kan nggak papa.

Ya, jadi gitu aja ya. Mulai sekarang gue harus bener-bener nulis blog tiap hari. Walaupun butuh kesabaran banget, sungguh, nulis blog pake android. Sebeeell! Auto correct-nya nyusahiinn!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar