Senin, 18 Mei 2015

Pelajaran Berharga: Penipuan Tour and Travel (part 1)

Minggu, 17 Mei, 2015

So guys, setelah lama banget nggak nulis blog, nggak enak banget sih harus muncul lagi dengan berita nggak enak.

Jadi gue baru aja kena tipu. Dan ngenesnya lagi, yang nipu itu temen gue sendiri. Gila kan!

Dia temen gue di suatu komunitas. Initial namanya KH, tapi bukan berarti dia Kiai Haji. #apasihtar
Oke, namanya KARINA HARTONO, dan dia penipu ulung bajingan!

Nah, Karina Hartono ini udah bergabung di salah satu komunitas yang gue ikuti, selama 1 tahun lebih. Orangnya supel, bawel, ramah. Di setiap komunitas, termasuk komunitas gue ini, ada orang yang kadang muncul kadang ngilang, ada yang tiap muncul jarang ngomong, ada yang pendiem, ada yang di luar komunitas nggak berinteraksi lagi dengan sesama anggota. Tapi si Karina Hartono ini nongol tiap minggu, cerewet, tiap dateng pasti semangat ngajakin selfie, tiap bubaran masi suka ngajakin hang out, nongkrong, malem mingguan bareng, di WA group juga rame, suka bercandain orang, deket sama semua orang di komunitas gue.

Semua suka KH. Udah lah ya singkat aja namanya, gue eneg baca namanya. Gue sendiri deket sama KH karena gue doyan traveling, sementara si KH ini punya bisnis tour and travel. Namanya temen deket, udah kenal hampir setahun, pada bulan Oktober 2014, gue beli lah tiket ke Yunani ke mbak KH ini.

Kebetulan gue emang udah lama banget pingin ke Yunani. Eh, dapet temen orang tour and travel. Klop deh!

Gue beli tiket seharga 10.8 juta Jakarta-Athens pp. Sebulan kemudian gue juga minta KH ngurusin visa gue, biayanya 3.75 juta.

Di awal tahun 2015, tiba-tiba nyokap, bokap, dan adek gue yang perempuan juga mau ikut ke Yunani. Kebetulan nyokap pas ada rezeki lebih, ikut pergi lah mereka. Adek gue beli tiket juga di KH, Jakarta-Athens pp, 9.6 juta. Karena bokap pensiunan salah satu perusahaan penerbangan, bokap nyokap punya jatah tiket gratis ke Amsterdam. Jadi mereka beli tiket dari KH Amsterdam-Athens pp, dua tiket 7 juta sekian. Terakhir, kita juga sekalian booking hotel untuk 4 orang, selama 10 hari, 7.6 juta. Pokoknya harganya cukup masuk akal, mirip-mirip sama yang kita cek di internet.

Bulan Maret, nyokap bokap dan adek mulai sibuk ngurusin visa. Nyokap berkali-kali nanyain, "Visa kamu gimana? Masa sampe sekarang belom beres?"

Nyokap sampe sempet curigain KH segala. Tapi gue malah tersinggung karena nyokap udah curiga sama temen gue sendiri. Akhirnya, karena terus didesak nyokap, gue pun mendesak KH soal visa gue. Tapi kok nggak ada kabar?

Lama-lama gue ikutan kesel. Gue cancel visa yang di KH, dia bilang uangnya bisa dibalikin, 15 hari kerja, walaupun baliknya nggak full.

Akhirnya gue sama adek gue ngurus visa kita sendiri. Mahal banget cuy visa Yunani! Satu orang 3.1 juta! Sebagai perbandingan, selama ini gue bikin visa selalu dari Belanda, cuma 700ribuan lah kira-kira. Bokap nyokap bikin visa Belanda karena masuk lewat Amsterdam.


(To be continued in the next post)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar