Senin, 18 Mei 2015

Pelajaran Berharga: Penipuan Tour and Travel (part 2)

Minggu, 17 Mei, 2015

Sampe mana gue tadi?

Oke, jadi gue pikir semua udah beres nih ya. Tiket udah beli, hotel udah booking, visa udah bikin. Tinggal berangkat dong.

Eehh.. Sekitar seminggu sebelum keberangkatan, tiba-tiba aja sahabat gue, sebut saja PWD, WA gue, "Tar, urusan lo sama Karina Hartono gimana? Udah beres?"

Awalnya gue nggak mikir apa-apa sih. Tapi terus si PWD bilang kalo si Karina Hartono lagi buron. Nah loh! Gawat kan!

Jadi sahabatnya Karina Hartono yang juga tergabung di komunitas yang sama, sebut saja si A, tiba-tiba nyariin si KH ke PWD. Tadinya si A nggak mau cerita. Tapi berhubung PWD ada rencana untuk beli paket tur ke KH, buat rombongan besar pula, akhirnya A terpaksa ngomong juga. Dia cerita kalo KH udah kena kasus penipuan tour and travel dari November 2014.

Gilaak! Gue nggak nyangka sama sekali! Nggak keliatan sama sekali! Dia udah kena kasus dari November 2014, udah dikejar-kejar orang, tapi tiap hari masi clubbing-clubbing, foto-foto, ngeksis di social media! Tiga minggu sebelum gue tau dia buron aja dia masih upload foto di Instagram loh! Gila nggak tuh! Mana ada coba ya, orang lagi buron malah foto-foto en ngeksis di sosmed??

Ya gue nggak percaya lah dia buron. Pertama, dia temen deket gue, udah kenal cukup lama, dan aktif pula di komunitas. Ke dua, kelakuannya sehari-hari sama sekali nggak kaya orang lagi buron. Ke tiga... Ya, mungkin gue nggak mau terima kenyataan aja kalo sampe uang gue segitu banyak ditilep.

Emang sih, udah beberapa kali si KH ini nggak dateng ke komunitas kita. Gue kira dia lagi sibuk bisnis tour and travel. Tapi dia masih hang out sama beberapa temen dari komunitas, dan di WA group pun masi ngoceh-ngoceh hampir tiap hari. Buron dari mana coba?

Besoknya, pas hari Sabtu pagi, seperti biasa gue meeting sama komunitas gue. PWD nunjukin ke gue website "Penipuan Indonesia". Di situ ada artikel tentang si KH, data-datanya lengkap: nama lengkap, nama alias, nomor telepon, nomor rekening, dan lain-lain. Gue kaget banget dan makin deg-degan mikirin tiket gue.

Tapi lalu si KH muncul di WA group, bilang dia mau dateng ke meeting. Gue lega, untuk kesekian kalinya mikir, "Masa iya sih??"

Dan akhirnya, di tengah-tengah kita meeting, muncul lah si KH bersama empat orang yang langsung gue simpulkan sebagai anggota baru di komunitas kita. Makin seneng dong gue. Makin yakin kalo KH nggak mungkin nipu. Masa iya, orang mau nipu, lagi buron, dateng meeting, bawa anggota baru pula.

Namun, menjelang meeting berakhir, seperti biasa, beberapa orang mulai keluar-masuk ruangan. Biasanya sih ke WC. Ada juga yang izin pulang lebih cepet. Saat ruang meeting mulai sepi, tiba-tiba datang lah dua orang perempuan dengan ekspresi muka super panik, dianter satpam gedung pula!

Mereka nyariin KH, yang ternyata, tanpa kita semua sadari, sudah menghilang entah ke mana.  Karena tas, dompet, dan HP-nya masih di ruang meeting, ya nggak ada yang ngira kalo KH cabut. Kita kira dia cuma ke WC. Malah sebenernya nggak ada yang nyadar kalo KH udah ngilang.

Dua orang perempuan itu tadi cerita ke kita kalo dia dari sebuah universitas di Bogor. Mereka mengadakan tur kampus ke Bangkok, dan KH yang mereka percayakan ngurus semuanya. Mereka sih udah berangkat ke Bangkok, dan udah tur dengan lancar. Tapi ternyata, pas mau pulang, di bandara mereka baru tau kalo tiket mereka di-cancel! Jadi mereka nggak bisa pulang! Untuk pulang, mereka harus beli tiket lagi pake uang mereka sendiri. Dan dengan rombongan sebanyak itu, mereka mengeluarkan biaya tambahan sebesar 120 juta!

(To be continued in the next post)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar