Jumat, 13 Juni 2014

Babak Penyisihan, Group A: Brazil - Croatia, Mexico - Cameroon

June 13, 2014

Brazil 3                                –             1 Croatia
Neymar '20 (p), '71                            Marcelo '11 (og)
Oscar '90

Piala Dunia 2014 yang ditunggu-tunggu telah dimulai. Dibuka oleh pertandingan antara tim tuan rumah Brazil dengan salah satu tim kuda hitam Eropa, Croatia. Meski diunggulkan karena nama besar dan posisinya sebagai tuan rumah, Brazil tampil kurang maksimal di pertandingan perdana tersebut. Meski tidak diunggulkan, Croatia tampak lebih menguasai bola sepanjang babak pertama. Barisan pertahanan Brazil berantakan, seolah panic menghadapi gempuran-gempuran agresif dari Croatia. Bahkan, di menit ke-11, Brazil sempat tertinggal lebih dulu melalui gol bunuh diri Marcelo. Namun, setelah gol Neymar menyamakan kedudukan di menit ke-20, mental anak-anak asuh Luis Felipe Scolari itu mulai terangkat, walau pertahanannya masih saja berantakan. Babak pertama berakhir dengan skor imbang 1 – 1.
Skor imbang tersebut bertahan sampai pertengahan babak ke dua. Pada menit ke-71, Brazil menjadi unggul 2 – 1 ketika Neymar terjatuh (atau menjatuhkan diri) di kotak penalty dan sukses mengeksekusi hadiah penalty dari wasit. Di menit terakhir babak ke-2, Brazil berhasil mematahkan serangan Croatia dan berhasil memanfaatkan serangan balik untuk menambah keunggulan mereka menjadi 3 – 1 melalui gol Oscar.



Mexico 1             –             0  Cameroon
Peralta '61

Pertandingan lainnya di grup A adalah Mexico berhadapan dengan Cameroon. Hujan deras yang terus mengguyur sepanjang berlangsungnya pertandingan, sama sekali tidak mengurangi semangat kedua tim. Cameroon dan Mexico sama-sama bermain ngotot sejak awal babak pertama. Serangan-serangan agresif baik dari Cameroon maupun Mexico menghasilkan 2 gol untuk Mexico dan 1 gol untuk Cameroon, yang sayangnya ketiganya dianulir wasit karena terjadi dalam posisi offside. Babak pertama berakhir imbang tanpa gol.
Setelah melancarkan serangan bertubi-tubi, akhirnya Oribe Peralta memecah kebuntuan dengan golnya di menit ke-61 yang membuat Mexico unggul 1 – 0.



Pencetak gol terbanyak sementara:
2             Neymar (Brazil)

1             Oscar (Brazil), Peralta (Mexico)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar