Sabtu, 14 Juni 2014

Os Estadios da Copa Mondial: part 2


Lanjutan dari pembahasan mengenai 12 stadion tuan rumah Piala Dunia 2014 yang kemaren nih!

1.      Arena da Amazônia, Manaus
Kapasitas: 46,000 orang
Digunakan pada pertandingan:

-        Penyisihan Group D England vs Italy, June 15, 2014
-        Penyisihan Group A Croatia vs Cameroon, June 19, 2014
-        Penyisihan Group G Portugal vs USA, June 23, 2014
-        Penyisihan Group E Switzerland vs Honduras, June 26, 2014



Walaupun stadion ini hanya menyelenggarakan pertandingan-pertandingan babak penyisihan grup, tapi bagi gue ini adalah stadion terbaik dari 12 stadion yang digunakan sepanjang Piala Dunia 2014. Jadi mohon maklum kalo gue juga akan ngebahas agak panjang mengenai stadion yang satu ini.
Terbaik? Kenapa?
Bayangin ya, stadion ini dibangun di Manaus, sebuah kota yang terletak di jantung hutan hujan Amazon! Ya jadi karena itulah dinamakan Arena da Amazônia, bukan karena Dina lapar. *Plis deh Tar!
Sumpah ini lokasinya keren banget! Bahkan tanpa embel-embel Tuan Rumah Piala Dunia pun, Manaus adalah tujuan wisata yang wajib dikunjungi karena keindahannya. Sebenernya Manaus sendiri malah bukan daerah yang identik dengan sepakbola. Tapi karena keindahannya itu tadi lah, FIFA memutuskan Manaus sebagai salah satu kota penyelenggara Piala Dunia 2014.
Kedua, tuh, liat aja. Menurut gue, secara estetika, konsep, dan fungsi, desainnya sendiri memang terbaik, terindah, terunik. Keren banget!
Stadion ini didesain menyerupai sebuah keranjang anyaman, yang merupakan produk lokal yang khas dari Manaus. Desainnya dibuat oleh perusahaan arsitektur Jerman, gmp Architekten. Melihat lokasinya yang berada di tengah Hutan Hujan Amazon, para pendiri stadion sengaja membuat stadion ini menjadi stadion yang ramah lingkungan, yang bisa ikut melestarikan keindahan Hutan Hujan Amazon.
Contoh teknologi ramah lingkungan yang sudah diterapkan di stadion ini adalah system yang bisa menampung dan menyaring air hujan sehingga bisa digunakan untuk kamar mandi, toilet, dan fasilitas-fasilitas pengairan lainnya di stadion.
Berlimpahnya cahaya matahari yang menyinari daerah ini juga dimanfaatkan untuk sumber energi. Selain energi matahari, sebuah layar tanaman juga diciptakan untuk menghasilkan energi penghijauan sekaligus untuk mengatur suhu di stadion.
Stadion ini dibangun di atas lokasi yang dulunya merupakan stadion tua Vivaldão. Stadion tua itu telah dihancurkan pada tahun 2010, dan konstruksi pertama dari yang kini adalah Arena da Amazônia dimulai pada tahun 2011 dan selesai pada Desember 2013, hanya 6 bulan menjelang Piala Dunia 2014. Bahkan pada bulan Februari 2014 sebenarnya stadion masih mengalami rekonstruksi, sehingga sempat diragukan kemampuannya untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia 2014. Namun akhirnya pihak pengembang berhasil meyakinkan FIFA dengan diadakannya pertandingan pertama di stadion tersebut pada bulan Maret 2014, yaitu pertandingan Nacional melawan Remo.
Selain stadion sepakbola, Arena da Amazônia juga memiliki sambadrome Manaus, fasilitas atletik, kolam renang, dan fasilitas-fasilitas olahraga lainnya.
Walaupun bukan tempat yang terkenal dengan sepakbola, Manaus adalah kandang bagi banyak klub sepakbola di Amazon. Salah satunya adalah Nacional FC yang terkenal sebagai klub yang paling sering meraih gelar negara bagian. Klub lainnya adalah São Raimundo EC yang sukses dalam penampilannya di Copa do Brasil. Selepas Piala Dunia, Arena da Amazônia akan menjadi kandang dari Nacional, São Raimundo, dan Sul América.
Satu informasi menarik lagi mengenai stadion futuristic nan canggih ini. Pelatih timnas Inggris dikabarkan mengritik lokasi dari stadion, karena menganggap panasnya yang ekstrim akan menyulitkan para pemain. Walikota Manaus kemudian menyatakan bahwa siapapun yang mengritik stadion dan kota itu, tidak akan mendapat sambutan yang ramah di kota itu.
Dan tebak apa! Inggris akan menghadapi pertandingan pertama mereka melawan Italia di stadion Arena da Amazônia ini! Hah! Rasakan!!!

2.      Arena Pernambuco, Recife
Kapasitas: 46,154 orang
Digunakan pada pertandingan:

-        Penyisihan Group C Ivory Coast vs Japan, June 15, 2014
-        Penyisihan Group D Costa Rica vs Italy, June 21, 2014
-        Penyisihan Group A Croatia vs Mexico, June 24, 2014
-        Penyisihan Group G Germany vs USA, June 27, 2014
-        Babak 16 besar Juara Group D vs Runners-up Group C, June 30, 2014



Itaipava Arena Pernambuco merupakan sebuah stadion sepak bola yang terletak di São Lourenço da Mata, Brasil. Memiliki kapasitas 46.154 kursi. Dipakai untuk pertandingan sepak bola dan digunakan sebagai tuan rumah pertandingan selama Piala Dunia 2014.
Stadion ini merupakan markas klub Náutico.

3.      Estadio Beira-Rio, Porto Alegre
Kapasitas: 56,000 orang
Digunakan pada pertandingan:

-        Penyisihan Group E France vs Honduras, June 16, 2014
-        Penyisihan Group B Netherlands vs Australia, June 19, 2014
-        Penyisihan Group H Algeria vs South Korea, June 23, 2014
-        Penyisihan Group F Argentina vs Nigeria, June 26, 2014
-        Babak 16 besar Juara Group G vs Runners-up Group H, July 1, 2014



4.      Arena Fonte Nova, Salvador
Kapasitas: 55,000 orang
Digunakan pada pertandingan:

-        Penyisihan Group B Spain vs Netherlands, June 14, 2014
-        Penyisihan Group G Germany vs Portugal, June 17, 2014
-        Penyisihan Group E Switzerland vs France, June 21, 2014
-        Penyisihan Group F Bosnia-Herzegovina vs Iran, June 26, 2014
-        Babak 16 besar Juara Group H vs Runners-up Group G, July 2, 2014
-        Babak perempat final antara pemenang Juara B vs RU A dengan pemenang Juara D vs RU C, July 5, 2014



Kompleks Olahraga dan Budaya Octávio Mangabeira (nama resmi bahasa Portugis: Complexo Esportivo Cultural Octávio Mangabeira) atau Itaipava Arena Fonte Nova (nama karena alasan sponsor), atau yang lebih dikenal dengan Arena Fonte Nova, adalah stadion sepak bola yang terletak di Salvador, Brasil.
Pada awal Januari 2013, pengerjaan stadion ini telah mencapai 90%, menjadikannya sebagai stadion keempat yang tahap pembangunannya paling maju dari dua belas stadion lainnya yang akan menjadi tuan rumah Piala Konfederasi 2013 maupun Piala Dunia 2014. Pada bulan Maret, pengerjaanya telah mencapai 99% dari pekerjaan yang telah selesai. Stadion ini diresmikan pada 5 April 2013, ditandai dengan kehadiran Presiden, Dilma Rousseff. Pertandingan pertama di stadion adalah laga klasik Ba-Vi, yang digelar dua hari kemudian, di mana Vitoria menjadi pemenangnya. Renato Caja, pemain Vitoria, mencatatkan namanya sebagai pencetak gol pertama di stadion tersebut.
Sebelumnya, nama dari stadion ini adalah Stadion Fonte Nova. Untuk pembangunan arena baru, struktur lama tersebut dihancurkan pada 29 Agustus 2010 guna memberi jalan bagi pembangunan Arena Fonte Nova, sebuah proyek yang sudah dikonfirmasi untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia 2014.

Selain Piala Dunia 2014, Arena Fonte Nova juga akan menjadi tuan rumah pertandingan Olimpiade Musim Panas 2016. Meskipun kota tuan rumah acara tersebut adalah Rio de Janeiro, namun pertandingan sepak bola pria dan wanita juga akan digelar di empat kota lain, di antaranya adalah Salvador, di mana permainan berlangsung di Arena Fonte Nova, meningkatkan investasi Piala Dunia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar