Senin, 09 Juni 2014

Profile Tim-Tim Piala Dunia 2014: part 1

June 9, 2014

Nggak terasa ya, Piala Dunia udah tinggal empat hari lagi lho!
Di post sebelumnya gue udah kasih daftar pesertanya, pembagian grup, dan jadwal turnamennya. Nah, sekarang, dari 32 tim yang terbagi dalam 8 grup tersebut, gue akan bahas per grup. Yah, nggak detail-detail banget sampe semua nama pemain plus tanggal ulangtahunnya segala ada. Kalo mau liat data-data begituan sih liat Wikipedia aja kali.

Gue bahas singkat aja sih, yang penting-penting dari para peserta Piala Dunia 2014 di bawah ini:

Grup A:
Brazil (jagoan gueee!!!)
Croatia
Mexico
Cameroon

Yang pertama gue bahas jelas Brazil dulu dong. Tuan rumah, jagoan gue pula!
Brazil itu identik dengan sepakbola. Konon semua orang Brazil suka sepakbola. Penggemar sepakbola banyak yang idolain timnas Brazil, atau pemain-pemain Brazil. Dari generasi ke generasi pun Brazil terus melahirkan bintang-bintang sepakbola papan atas. Kalo gue bahas bisa panjang banget nih karena setiap generasi sepakbola pasti ada pemain besar dari Brazil. Kalo dari negara lain belom tentu ada tiap generasi. Apalagi kalo ngomongin Piala Dunia. Kenapa? Karena dari Piala Dunia yang pertama kali diadakan di Uruguay, sampai yang sebentar lagi akan diadakan di Brazil, timnas Brazil tidak pernah sekalipun absen sebagai peserta! Brazil adalah satu-satunya tim yang tidak pernah absen. Nggak pernah sakit, izin, alpha, kalo di sekolah gue dulu pasti udah dapet bintang kehadiran.

Selama keikutsertaannya tersebut, Brazil sudah memenangkan 5 Piala Dunia, yaitu pada tahun 1958, 1962, 1970, 1994, dan 2002. Brazil juga menjadi satu-satunya negara yang pernah menjuarai turnamen tersebut di tiga benua: Eropa (Sweden 1958), Amerika (Chile 1962, Mexico 1970, USA 1994), dan Asia (Korea-Japan 2002). Bahkan, seperti halnya Spanyol pada tahun 2010 yang lalu, Brazil pertama kalinya menjuarai Piala Dunia justru di luar benuanya. Sampai saat ini hanya ada dua negara yang berhasil menjuarai Piala Dunia di luar benua mereka, yaitu Brazil dan Spanyol.
Selain memegang rekor juara Piala Dunia 5 kali, rekor gol terbanyak sepanjang Piala Dunia juga sampai saat ini masih dipegang pemain Brazil. Siapaaaa….??? Ya Ronaldo gue laaaahhh!

Ronaldo gue, saat ini masih pencetak gol terbanyak Piala Dunia

Oke, jangan bahas Ronaldo dulu ah, ntar orang bosen… hehe.

Setelah sekitar tahun 1994 – 2006 (perkiraan gue) Brazil menduduki puncak peringkat FIFA, semenjak kekalahan bertubi-tubi, posisi Brazil di peringkat FIFA naik-turun kaya saham. Sampai Juni 2013 lalu mereka memegang rekor posisi terendah mereka, yaitu peringkat 22. Berdasarkan update tanggal 5 Juni 2014, saat ini Brazil berada di peringkat 3 di bawah Spanyol dan Jerman. Ya, lumayan lah.

Gimana dengan timnas Brazil tahun ini?
Timnas Brazil saat ini diasuh, atau bahasa reporter bolanya, diarsiteki oleh Luiz Felipe Scolari, yaitu pelatih yang telah berjasa membawa Brazil menjadi juara dunia pada tahun 2002 di Korea-Jepang. Setelah dilatih Carlos Alberto Parreira (pelatih saat Brazil juara 1994) pada Piala Dunia 2006, dan Carlos Dunga (kapten timnas Brazil Piala Dunia 1998), pada Piala Dunia 2010—dan keduanya berakhir dengan hasil yang sama, tersingkir di babak perempat final—akhirnya di Piala Dunia kali ini Scolari kembali dipercaya memegang Seleção. Scolari sendiri selama itu sudah melatih timnas Portugal pada Piala Dunia 2006 dan klub sepakbola Inggris, Chelsea selama musim 2008 – 2009.

Kalo ngeliat sejarah pelatihnya, Scolari adalah pelatih ke-4 yang kembali dipercaya melatih timnas Brazil setelah sebelumnya pernah membawa Brazil menjadi juara dunia.
Vincente Feola, pelatih yang pertama kali membawa Brazil menjuarai Piala Dunia tahun 1958, gagal mengulangi prestasinya di Piala Dunia 1966. Lalu Mario Zagallo, yang melatih Brazil saat juara Piala Dunia 1970, gagal mengulangi prestasinya saat kembali ditunjuk sebagai pelatih Brazil di Piala Dunia 1998. Carlos Alberto Parreira yang berhasil membawa Brazil juara tahun 1994, juga gagal mengulang prestasinya di tahun 2006. Sementara Aymore Moreira, pelatih timnas Brazil tahun 1962 tidak pernah lagi melatih timnas Brazil. Belum pernah ada pelatih yang memberikan gelar juara dunia lebih dari satu kali. Apakah Scolari akan memecahkan rekor tersebut di Piala Dunia 2014 ini?

Dari segi pemainnya, seperti biasa, timnas Brazil bisa dibilang kurang unggul dari segi penjaga gawang. Bayangin, kipernya masih aja Julio Cesar (main di Kanada, kasiang yah). Kapan sih kiper Brazil jago banget? Dida? Tafarel? Yah, pas Piala Dunia 1994 sih lumayan lah ya Taffarel, di finalnya Brazil menang adu penalty, lawan Italy pula.
Nah, selain itu, Brazil identik dengan barisan depan yang tajem-tajem seperti Adriano, Rivaldo, Ronaldinho, Ronaldo gue (skill sampe giginya tajem-tajem maju ke depan semua gitu).
Saat ini pemain depan andalan Brazil adalah Neymar. Sejak masih sangat muda (dan sekarang pun doi masih muda banget, 1992 bok!), bintang Barcelona ini sudah menonjol karena ketajaman dan kecepatannya. Salah satu bintang lawas Brazil Ronaldinho menyebut Neymar sebagai calon pemain terbaik dunia. Ronaldinho udah termasuk lawas? Iya, tua ya kita (ngomong sama sesama kelahiran 80-an).

Neymar dan jambul andalan

Selain Neymar, Brazil sepertinya hanya mengandalkan Fred (Fluminense) di lini depan. Yah, penggemar sepakbola awam kaya gue taunya cuma  dua itu sih yang jago. Semoga yang lain walaupun kurang kedengeran namanya, skillnya nggak kalah sama Neymar dan Fred. Eh, sama Neymar udah pasti kalah sih.
Terus di tengah… siapa ya? Paulinho?
Yang paling keren malah barisan pertahanannya. Tahun ini, bintang-bintang Brazil malah ngumpul di belakang, duduk-duduk ngerumpi sambil arisan. Di antaranya ada Marcelo (Real Madrid), kapten Thiago Silva (PSG), Dani Alves (Barca dong!), David Luis (Chelsea), lumayan lah ya, rapet. Eits…, jangan lupa, ada sodaranya Maicih juga di sana, namanya Maicon (AS Roma). Pedes-pedes gimana gitu.
Nah, tapi kalo menurut gue, pemain-pemain Brazil itu, walaupun terkenal jago-jago, tapi attitude-nya kurang baik. Menurut pengamatan gue di setiap Piala Dunia sih begitu. Mereka nggak selalu temperamental atau apa gitu sih. Tapi seringkali mereka itu nggak punya mental juara. Liat aja Piala Dunia 2006 dan 2010. Mereka itu baru ketinggalan satu gol aja udah jatuh mentalnya, mainnya jadi ngaco, terus mulai protes-protes, diving-diving, marah-marah, malu-maluin orang Brazil kaya gue aja deh ah. Pas mereka juara sih emang karena udah di atas angin aja sih, karena timnya emang udah kuat dan ideal banget.
Nah sekarang Neymar, jago sih jago. Tapi kalo ngeliat attitude-nya selama ini… ugh! Yah, masih remaja ababil sih maklum.
Semoga saja sih… sebagai penggemar berat tim samba, harapan subyektif gue adalah melihat Scolari berhasil mengulang prestasinya di tahun 2002.

Aduh, kok jadi kepanjangan ya bahas timnas Brazil? Kalo semua tim gue bahas sepanjang itu, capek juga nulisnya, yang baca juga males kan. Kecuali kalo emang mau ngebahas satu tim per artikel. Yah, tim-tim lainnya gue ngebut aja nggak papa ya. Hehehe jadi curang gitu. Nggak papa lah, bukan blogger professional ini… namanya juga iseng-iseng nggak berhadiah. Hehe…

Kalo dari komposisinya, kayaknya sih Brazil udah pasti lolos lah ya dari penyisihan grup. Tapi baik Croatia, Mexico, dan Cameroon juga bukan tim-tim yang bisa diremehkan begitu aja lho!
Cameroon yang diarsiteki oleh pelatih asal Jerman, Volker Finke, adalah salah satu tim terkuat di Afrika. Menempati posisi ke-56 dalam peringkat FIFA, 7 besar dari semua negara Afrika yang masuk peringkat FIFA. Pemain andalan yang gue tau cuma Samuel Eto’o (Chelsea) aja sih. Tapi kelebihan tim-tim Afrika itu kecepatan dan stamina pemain-pemainnya. Prestasi terbaik Cameroon dalam Piala Dunia hanya sampai babak perempat final, dan itu pun terjadi sekali doang, di tahun 1990.

Eto'o dan mata genitnya

Tim lainnya adalah Mexico. Salah satu tim Amerika latin ini adalah peringkat ke-20 FIFA. Seperti Cameroon, prestasi terbaik mereka dalam Piala Dunia juga masuk perempat final. Bedanya mereka udah dua kali masuk babak perempat final, tapi tahunnya lebih lawas lagi, tahun 1970 dan 1986. Piala Dunia kali ini Mexico dilatih oleh pelatih lokal, Miguel Herrera, yang juga pensiunan pemain profesional. Kebanyakan komposisi pemainnya berasal dari klub-klub lokal juga sih. Pemain bintangnya siapa ya? Javier Hernandez-nya MU lah. Itu doang kayanya yang cukup terkenal. Hihi…

Javier Hernandez memerankan Castiel dalam Supernatural..hehe

Menurut gue yang bakal jadi saingan terberat Brazil di grup ini adalah Croatia. Tim yang menempati urutan ke-18 dalam peringkat FIFA ini cukup menarik perhatian gue sejak mereka keluar sebagai juara ke-3 di Piala Dunia 1998. Croatia dilatih oleh pelatih dalam negri Niko Kovac. Pelatih muda ini adalah mantan pemain bintang juga di negaranya. Sebelum melatih timnas Croatia, doi sempat melatih timnas Croatia u-21. Di dalam squad Croatia terdapat pemain-pemain bintang seperti Luka Modric (Real Madrid), Mario Mandzukic (Muenchen), dan Dario Srna (Shaktar Donetsk). Dan kabar baiknya adalah… Croatia menjadi tim pertama yang akan menghadapi Brazil di pembukaan Piala Dunia 2014.


Luka Modric, walaupun luka tapi tetep main, jagoan kan!

Yah…, secara netral pun prediksi gue Brazil bisa lah menangin tiga-tiganya di penyisihan grup. Paling-paling Croatia runners-up grup A.

to be continued...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar