Sabtu, 28 Juni 2014

Brasiiiiiwwww!!!

Brazil 1 (3)           –             1 (2) Chile
David Luiz '18                    Alexis Sanchez '32

Yeaaayyy!!! I'm still sooooo happy coz Brazil just won the game against Chile! It was thrilling, emotional, so full of drama and screaming. Well I screamed a lot.

Ahahaha!
Ini bener-bener pertandingan penuuuh emosi dan derama!
Ya karena ini judul blognya aja diary, gue nulis laporan pertandingannya kaya nulis diary. Nggak papa lah ya.

So gue nonton bareng pertandingan ini sama sepupu gue dan adek gue di sebuah cafe di Citos. Gue sih nggak nyangka pertandingannya bakal menegangkan banget. Gue kira ya, baru babak 16 besar, paling-paling Brazil menang, walaupun tipis. Mungkin 1 - 0 atau 2 - 1 gitu kali ya.
Nah, dimulai tuh pertandingan Brazil lawan Chile jam 11 malem. Pas baru mau mulai pertandingan, gue berdiri, terus ikut nyanyiin lagu kebangsaan negara ke dua gue, Brazil. Loh? Katanya negara ke dua Italia? Pernah ngomong gitu nggak sih gue? Yah kewarganegaraan gue sebenernya Indonesia, Brazil, sama Italia. Ribet kan.

Eniwei, ternyata kok di cafe itu kebanyakan pada pendukung Chile? Brengsek!
Gue rasa orang-orang itu sebenernya bukan dukung Chile. Tapi emang pingin aja Brazil kalah. Mungkin karena mereka sebel, sirik sama Brazil. Biasa lah, tim-tim jago kan banyak yang benci. Kaya gue benci sama Jerman aja. Eh maaf loh... hehehe.
Atau mungkin orang-orang itu pada sebel kali ngeliat gue, sepupu gue, sama adek gue, udah cewek bertiga, duduk paling depan, teriak-teriak heboh banget. Yah intinya, kalo bukan anti-Brazil, kenapa gitu ada orang yang Brazil vs Chile bisa belainnya Chile??

Yah, intinya, gue sebel, bukan sama Chile. Chile sih harus diakui, mainnya bagus banget. Apalagi kipernya! Jago gilaaaak! Udah gitu Brazil emang mainnya malu-maluin. Padahal pada jago-jago, apalagi Neymar. Tapi sayangnya, mereka tuh nggak ada team work-nya SAMA SEKALI! Apalagi Neymar!
Dan yang jelek lagi dari Brazil, adalah mentalnya! Ya masa begitu adu penalty Julio Cesar udah langsung nangis, kaya udah bakal kalah aja. Kan yang didukungnya aja udah nangis, gimana perasaan gue yang dukung coba? Gimana??

Nah, sebelum ke situ, di awal pertandingan dulu nih. Gue sama sepupu gue dan adek gue loncat-loncat kegirangan, teriak-teriak kaya apaan tau, pas Brazil unggul 1 - 0. Ditulisnya sih di situ golnya David Luiz. Tapi kita yakin banget kok itu pemain Chile yang bunuh diri! Yah bodo amat, yang penting gol, baru menit ke-18. Teriak-teriak lah kita. Udah gitu pas kita teriak-teriak diliatin orang gitu. Belakangan baru tau ternyata tuh orang pendukung Chile. Pantes nyolot. Iya kita sempet nyolot-nyolotan gitu, tapi main mata doang, belom sampe adu mulut atau adu fisik.

Gue, adek dan sepupu gue itu baru nyadar kalo kebanyakan di cafe itu pendukung Chile, adalah pas di menit ke-32 Chile menyamakan kedudukan melalui gol Alexis Sanchez! Setan! Emang jago tuh bintang Chile yang satu itu! Pas terjadinya gol, tiba-tiba aja seisi cafe pada sorak-sorak sambil tepuk tangan. Damn it!

Nah, udah deh tuh, sepanjang sisa pertandingan, muka kita bertiga udah stres aja. Apalagi Brazil mainnya jelek banget, keserang melulu, ball possession juga banyakan Chile. Mana kipernya Chile jago abis! Terus sempet ada peluang yang bagus banget Chile hampir bikin gol. Gue, adek, dan sepupu gue udah teriak jejeritan! Untung kena tiang! Thanks tiang! Gile bener deh pokoknya! Nonton Brazil-Chile itu lebih nyeremin dari nonton Sadako.

Eeh tapi, tapi, tapiii... biarpun Chile lebih banyak menguasai bola, Brazil lebih banyak lho tembakan ke gawang. Yang on target juga lebih banyak. Lebih banyak dapet corner kick juga. Jadi, heh supporter Chile di cafe yang kemaren yang pada nyolot! Sori yeee!! Brazil tetap layak menang! Cih!

Semakin mendekati akhir pertandingan, supporter Brazil di stadion maupun di cafe-cafe maupun di rumah masing-masing, makin stres dan tegang, seolah Brazil bakal kalah. Sementara suporter Chile entah kenapa makin kepedean kaya bakal menang aja. Apalagi pas akhirnya babak ke dua kedudukan tetep 1 - 1, terus extra time juga tetep 1 - 1. Begitu akhirnya adu penalty, suporter Chile langsung pada tepuk tangan. Girang abis! Suporter Brazil pada langsung pesimis. Ya iya lah! Julio Cesar aja mewek! Gimane kite?

Terus di belakang gue ada suporter Chile rese tereak-tereak "Yee, Brazil kalah yeee!"
Ya gue nggak tau deh itu ngomong ke gue atau ke temennya, kali ada yang supporter Brazil juga. Soalnya di cafe itu emang ada beberapa juga yang gue liat pake baju Brazil. Tau lah. Pokoknya gue kan kesel. Tapi gue cuma diem aja, dalem hati udah niatin "Awas lo ya sampah! Sampe Brazil menang, gue mau ngadep belakang, terus ngeledekin lo balik! Mampus lo!"

Beneran gue nggak ada masalah sama Chile maupun supporternya di belahan dunia manapun, kecuali mereka yang nyolot-nyolot di cafe pada saat gue nobar itu!

Gue deg-degaaan banget pas mau adu penalty! Kalo sampe Brazil kalah gue malu nih! Pasti suporter Chile pada ngejek. Pokoknya awas aja! Kalo sampe Brazil kalah terus sampe mereka ngeledekin dikiiiit aja.... pasti langsung gue ajak ribut! Serius deh!

Yah, tapi Allah nggak ridho kali ya kalo ada rusuh-rusuh di bulan puasa. Makanya Brazil menang kan...

Nah, dimulailah adu penalty itu. Penendang pertama adalah David Luiz dari Brazil. Dan... gol saudara-saudara!!! Adek dan sepupu gue loncat-loncat kesenengan. Gue masih diem. Jangan seneng dulu. Takut malu.
Penendang pertama dari Chile adalah Mauricio Pinilla, dan tendangannya...ditepis!! Lupa sih ditepis atau emang kejedot mistar. Seinget gue ketepis deh. Dan adek dan sepupu gue pun kembali tereak-tereak kegirangan. Gue masih belom berani tereak. Cuman tepuk tangan doang, biar aman.
Penendang ke dua dari Brazil adalah Willian. Namun...tendangannya... tidak masuuuk!! Kami suporter Brazil kembali deg-degan. Untungnya, penendang ke dua dari Chile juga gagal. Padahal, siapa coba tebak yang nendang! Yep! One and only Alexis Sanchez pemirsa! Alexis Sanchez! Iya! Yang jagoan itu! Gagal pemirsa!
Untungnya tadi yang golin satu Alexis Sanchez. Jadi suporter Chile juga nggak bisa protes lah ya dia gagal penalty. Toh kalo bukan karena gol tunggalnya dia, Chile bahkan nggak bakalan dapet kesempatan penalty.

Pada tendangan ke tiga, baik Marcelo dari Brazil maupun Charles Aranguiz dari Chile sama-sama sukses mengeksekusi. Kedudukan 2 - 1 bagi Brazil, kesempatan menendang tinggal dua kali lagi untuk masing-masing tim. Suasana semakin menegangkan. Suporter Chile mulai pucet. Suporter Brazil mulai optimis. Lebih serunya lagi, di kesempatan ke empat, Hulk gagal mengeksekusi penalty bagi Brazil, sementara Marcelo Diaz sukses memasukkan bola ke dalam gawang! Oh nooo!! Chile menyamakan kedudukan! Suporter Chile di cafe itu mulai kembali pede, dan kembali berani nyolot. Namun penentuannya adalah di tendangan terakhir.

Penendang terakhir dari Brazil adalah Neymar. Beberapa orang di cafe itu, baik yang pendukung Brazil, Chile, Jokowi, maupun Prabowo, memperkirakan bintang seperti Neymar biasanya gagal mengeksekusi penalty. Kami sebagai suporter Brazil mulai pun khawatir.
Namun..., Neymar berhasil menggantikan kekhawatiran kami dengan sorakan kegirangan! Gol! Kedudukan 3 - 2 bagi Brazil!
Tapi Chile masih punya kesempatan satu kali tendangan lagi. Gonzalo Jara maju, menjadi pemain yang menentukan hasil akhir pertandingan. Dan kami pun menunggu, hampir tanpa suara... dan... tidak gooooll!!!!
Timnas Brazil dan para pendukungnya di seluruh dunia langsung meledak dalam kebahagiaan dan kelegaan yang luar biasa. Adek dan sepupu gue loncat-loncat dan teriak-teriak kesenengan. Sementara gue, hal pertama yang gue lakukan begitu ngeliat penalty terakhir Chile gagal adalah... apa yang udah gue rencanakan jauh sebelum pertandingan berakhir: langsung madep belakang, terus ngeliatin para suporter Chile yang nyolot-nyolot itu, sambil teriak kenceng banget "YEEEEEESSSSSS!!!!!"
Wuuiiihhh!!! Legaaaa bener rasanya!
Setelah itu baru gue loncat-loncat sambil pelukan sama adek dan sepupu gue. Gue masih aja nyela-nyela suporter Chile, sengaja mau bales bikin kesel, padahal besok udah puasa. Eh, tinggal beberapa jam lagi malah.

Yah gitu deh. Akhirnya gue ngerti, kenapa pas final Piala Dunia 2010 kemaren banyak yang pada rusuh padahal cuma nonton di cafe. Ya karena orang-orang nyolot kaya mereka itu lah, dan karena ada gue yang mau-maunya ngeladenin orang-orang nyolot. Hehehe... udah ah, capek nobar di cafe. Kapok. Bikin emosi, hampir berantem, mana suara gue abis pula! Beneran deh! Bayangin aja, udah bergadang biasa aja suara gue sering abis. Ini udah bergadang, sambil tereak-tereak pula. Udah gitu gue tuh tereak-tereaknya udah kaya apaan tau. Orang melahirkan juga kalah kali! Tau sendiri gue kalo udah tereak kaya apa suaranya. Yah bagus deh, semoga semua suporter Chile yang nonton di cafe itu sama gue masih trauma selama sebulan ke depan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar