Selasa, 10 Juni 2014

Profile Tim-tim Piala Dunia 2014: part 2

Aaarrhh kesel banget!! Tulisan ini harusnya dipost kemaren! Tapi malah hari ini aja belon selesai! Segini dulu ya. Padahal mau bahas grup D seheboh mungkin! Damn!

June 11, 2014

Kemaren sih maksudnya mau bahas grup A sampe D di part 1, terus lanjut grup E sampe H di part 2. Eeehh…, baru bahas grup A aja udah kepanjangan gara-gara terlalu heboh ngomongin Brazil.

Jadi, ulasan mengenai grup B sampe D gue bahas di part 2 ini deh. Nanti grup E sama H baru di part 3-nya.

Grup B:
Spain
Netherlands
Chile
Australia

Tim terkuat di grup ini tentu saja Spanyol. Setelah memenangkan dua ajang terbesar sepakbola selama tiga tahun berturut-turut, yaitu Piala Eropa 2008, Piala Dunia 2010, dan Piala Eropa 2012, saat ini Spanyol menjadi tim nomor satu dalam peringkat FIFA.
Diasuh oleh mantan pelatih Real Madrid, Vincente Del Bosque, sejak tahun 2008 tim matador tidak henti-hentinya merain prestasi. Entah karena tangan dingin Vincente Del Bosque atau memang karena tim Spanyol yang bertaburan dengan bintang-bintang sepakbola dunia. Tapi kalau dilihat sejarahnya, sepertinya memang prestasi-prestasi Spanyol tidak lepas dari peran penting Del Bosque. Karena sebelum tahun 2008 pun, Spanyol sudah punya pemain-pemain kelas dunia seperti Raul Gonzales, Fernando Hierro, Fernando Morientes, Ivan Helguera, dan jangan lupa Iker Casillas, Carles Puyol, Xavi, dan Xabi Alonso yang hingga kini pun masih memperkuat timnas Spanyol. Sejak dulu Spanyol sudah memiliki pemain-pemain hebat. Namun seringkali mengalami hasil yang mengecewakan baik di Piala Dunia dan Piala Eropa. Jadi, yuk kita standing applause dulu buat Vincente Del Bosque!
Tapi bagaimanapun penting juga untuk melihat bintang-bintang Spanyol di setiap lininya, bahan-bahan yang akan diracik chef Del Bosque. Di lini depan ada si mungil ganteng David Villa dan Diego Costa dari Atletico Madrid, Fernando Torres (Chelsea), dan Pedro (Barcelona). Yang paling mentereng adalah lini tengah yang berisi bintang-bintang klub besar Eropa, mayoritas Barcelona dan Real Madrid, yaitu Iniesta, Xavi, Fabregas, Busquets, Xabi Alonso, David Silva, Juan Mata, Hidung, Mulut…eh maaf. Dan ada Koke yang gue baru perhatiin akhir-akhir ini karena ngikutin perjuangan Atletico Madrid musim ini.
Di barisan pertahanan, Spanyol mengandalkan bek-bek kelas dunia seperti Gerard Pique, Juanfran, Jordi Alba, dan Sergio Ramos. Mantep kan!
Terakhir, tentu saja Iker Casillas yang selama ini telah berperan sangat penting menyelamatkan gawang Spanyol di berbagai pertandingan krusial.
Prediksi gue, bisa aja Spanyol juara lagi tahun ini. Terlalu premature sih untuk meramalkan ini, tapi gue ngebayangin kalo Spanyol jadi the next Brazil. Sebelum Piala Dunia 1958, Brazil tuh apa sih? Kalah melulu, di kandang sendiri aja gagal juara. Tapi tahun 1958, tiba-tiba aja Brazil malah jadi tim pertama yang juara dunia di luar benuanya sendiri. Persis seperti Spanyol yang juara pertama kalinya di benua Afrika. Yah, tapi belom tau sih gimana performa mereka nantinya.

Iker Casillas dkk angkat trophy, empat tahun lalu gue ikut girang bersama mereka

Tim kuat lainnya adalah Belanda. Tim langganan runners-up Piala Dunia ini masih saja menjadi salah satu tim favorit pecinta sepakbola tanah air. Posisinya saat ini berada di urutan ke-15 peringkat FIFA.
Tim oranje dilatih oleh Louis Van Gaal, mukanya mirip-mirip sama Volker Finke (pelatih Cameroon) gitu, kirain sama. Sebelumnya Van Gaal sempat melatih timnas Belanda tahun 2000-2002, dan Barcelona di musim kompetisi 2002-2003.
Tahun ini sepertinya Belanda masih mengandalkan pemain-pemain lama seperti Robin Van Persie (Manchester United), Wesley Sneijder (Galatasaray), Arjen Robben (Bayern Munchen), Dirk Kuyt (Fenerbahce), dan Nigel de Jong (AC Milan).
Bisa dibilang, dari generasi ke generasi, Belanda adalah salah satu tim andalan yang selalu dijagokan untuk menjuarai Piala Dunia. Tapi entah kenapa, Belanda selalu aja gagal jadi juara. Kalau kegagalan adalah keberhasilan yang tertunda, bisa dibilang Belanda adalah tim yang suka menunda-nunda. Hihihi…

Van Persie van oranje

Walaupun nggak seserem grup D, tapi bisa gue bilang kalo grup B ini cukup neraka. Kenapa?
Spanyol sama Belanda jelas lah tim yang hebat. Sementara, Chile dan Australia, walaupun bukan tim andalan, tapi juga merupakan tim yang cukup kuat lho.

Chile pernah menempati posisi juara tiga saat menjadi tuan rumah di Piala Dunia 1962 yang dijuarai oleh Brazil (colongan banget ngebahas Brazil lagi). Walaupun setelah itu belum ada lagi prestasi yang cukup berarti di ajang Piala Dunia, tapi kehadiran Chile cukup meramaikan ajang empat tahunan itu. Saat ini Chile berada di urutan ke-14 peringkat FIFA. Pelatih Chile Jorge Sampaoli adalah pelatih asal Argentina. Bintang andalan mereka adalah penyerang Alexis Sanchez yang saat ini bermain di klub Barcelona. Bersama klub raksasa Spanyol tersebut, Alexis sudah memenangkan berbagai gelar bergengsi sepanjang musim kompetisi 2011 – 2013. Kan sekarang masi main di Barcelona, kok nggak sampe 2014? Emang Barcelona nggak dapet gelar apa-apa tahun ini! *nangis*

Alexis Sanchez

Dibandingkan ketiga tim lainnya di grup ini, Australia adalah tim yang paling tidak diandalkan. Urutan ke-62 dalam peringkat FIFA, prestasi tertinggi yang pernah diraihnya dalam Piala Dunia adalah masuk 16 besar di Piala Dunia 2006. Di Piala Dunia sebelumnya Australia dibantai Jerman 4 gol tanpa balas di pertandingan pertama mereka di babak penyisihan grup. Udah deh, Ausie, main rugby aja, nggak usah sok-sok main bola.
Tahun ini tim asuhan Ange Postecoglou ini masih saja mengandalkan Tim Cahill sebagai ujung tombak mereka. Penyerang yang sudah cukup berumur ini bermain di klub New York Red Bulls.

Tim Cahill

Prediksi gue, Spanyol antara menang atau seri lawan Belanda, menang lawan Chile dan Australia, tapi mungkin nggak telak, paling mentok 3 – 0 lah. Gawang Spanyol bakal sedikit nih kebobolannya.
Terus Belanda runners-up, mungkin seri atau menang tipis sama Chile, terus menang lawan Australia. Chile sama Australia peluangnya agak berat sih. Berat banget malah. Kalo penampilan Belanda mengecewakan, mungkin Chile bisa lolos nemenin Spanyol. Harapan gue sih yang lolos Chile sama Spanyol. Maaf ya, kalian para pecinta Belanda.


Grup C:
Colombia
Greece
Ivory Coast
Japan

Hmm… jujur gue agak males ngebahas grup ini. Hehe…
Nggak deng…. Maksudnya, grup ini menarik juga sebenernya. Cuma, untuk bisa ngebahas grup ini, minimal untuk tahu pemain andalan dan profile timnya aja mesti googling sana-sini…hehehe. Di grup ini ngga ada tim yang prestasinya lebih dari masuk babak 16 besar di Piala Dunia. Colombia dan Jepang paling mentok babak 16 besar. Ivory Coast dan Greece sama-sama pernah ikut Piala Dunia tiga kali, tiga-tiganya nggak lolos penyisihan grup. Tapi ya masih lumayan lah ya udah tiga kali berhasil masuk Piala Dunia. Kita aja belom pernah sekalipun.
Walaupun bukan tim-tim andalan Piala Dunia, tapi ternyata peringkat FIFA mereka lumayan loh. Columbia peringkat 8, Greece 12, Ivory Coast 23, Japan 46. Yah Jepang aja yang agak di bawah, tapi lumayan lah buat tim Asia, di bawah Iran dikit, di atas Korea Selatan dikit.

Colombia

Fredi Guarin

Greece, Kostas Mitroglou, pernah, secara mengejutkan dan tak terduga, keluar sebagai juara di Piala Eropa 2004. Masih inget banget itu tahun yang aneh banget buat gue. Udah juara champion Porto, final Piala Eropa Portugal – Yunani, Yunani pula yang menang.

Kostas Mitroglou, serem yah, gue sih disenyumin juga kabur

Ivory Coast

Yaya Toure

Japan, Keisuke Honda

Prediksi gue sih persaingan di grup ini bakal ketat banget. Tapi tebakan gue yang lolos Colombia sama Greece. Kalo harapan gue nggak ada. Nggak ada yang gue suka banget sih di grup ini. Kalaupun gue suka Jepang sama Yunani itu cuman buat traveling aja. Gue lagi pingin banget traveling ke Jepang sama Yunani. Hahaha nggak nyambung yah. Bodo ah.


Grup D:
Uruguay
Italy
England
Costa Rica

Naaahh! Ini niih grup neraka bangeeettt!!
Liat aja! Udah ada Uruguay, Italy, Inggris. Kebayang nggak sih kalo baru penyisihan grup aja, salah satu dari tiga tim itu udah harus tersingkir? Nggak rela banget kan! Ya gue rela sih kalo Inggris yang tersingkir. Hehehe…

Uruguay itu saat ini berada di urutan ke-7 peringkat FIFA.

Luis Suarez, si ganteng andalan Uruguay

Italy berada di urutan ke-9 peringkat FIFA. Mario Balotelli

Balotelli dan gaya khasnya: buka baju dikit

Inggris bersaing ketat dengan Italy, tapi masih kalah karena Inggris di peringkat ke-10. Wayne Rooney


Costa Rica doang yang minder sendiri karena prestasi tertingginya di Piala Dunia cuma sampai babak 16 besar di Piala Dunia 1990. Abis itu udah sih jadi penggembira. Masuk Piala Dunia juga udah sukur. Di Piala Dunia 2002 mereka disikat Brazil 4 – 2 di penyisihan grup. Tuh kan, Brazil lagi…
Alvaro Saborio

Yang seru adalah selain karena grup neraka, Inggris satu grup sama Italy!
Kenapa seru? Karena kebanyakan penggemar gli azzuri nggak suka sama the three lions, dan begitu juga sebaliknya. Jadi mereka sering cela-celaan. Yah, itulah yang dialami gue dan teman-teman terdekat. Apapun jagoan lo selain Italy, kecil kemungkinannya lo juga suka Inggris.  Gue termasuk penggemar Italy dong! Italy tuh jagoan ke dua gue setelah Brazil. Hihihi dari dulu gue nggak pernah jadi supporter timnas Inggris. Teman-teman, sodara-sodara, orang-orang terdekat gue itu ada yang sesama pendukung Italy, ada juga yang pendukung Inggris. Jadi kalo pas nonton bareng…rame banget!
Kalo harapan gue sih ya Uruguay sama Italy lah yang lolos dari grup ini. Mau juara atau runners-up, itu tergantung posisi Brazil di bagan turnamen. Gue kan pingin Italy ketemu Brazil di final.

Tapi, kalo prediksi gue sih lain lagi. Prediksi gue, Uruguay bisa lolos dengan mudah. Dia pasti menang lawan Costa Rica, terus menang tipis atau seri sama Italy dan Inggris. Nah, Inggris sama Italy ini kebetulan nasibnya juga suka sama, kepleset atau hampir kepleset pas penyisihan grup, pokoknya yang terakhirnya lolos-nggak lolos cuman karena beda selisih gol gitu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar