Minggu, 29 Juni 2014

Top 16, 3rd Match: Netherlands vs Mexico

Netherlands 2     –             1 Mexico
Wesley Sneijder ’88          Giovani Dos Santos ‘48

Klas Jan Huntelaar ‘90+4 (p)

Babak 16 besar kembali menyajikan pertandingan yang panas dan menegangkan. Kali ini Belanda sebagai juara grup B yang berhadapan dengan Mexico sebagai runners-up grup A. Pertandingan yang dilangsungkan di Fortaleza ini sempat dihentikan untuk cooling break pada pertengahan babak pertama dan pertengahan babak ke dua, saking panasnya cuaca di stadion saat itu. Pada babak pertama, Belanda terlihat seolah kehilangan grip. Mexico tampak lebih banyak menguasai bola dan membuat para pemain Belanda kewalahan. Namun tidak tercipta satu gol pun di babak pertama.
Hampir sepanjang babak ke dua, Mexico dan para suporternya optimis akan memenangkan pertandingan. Pasalnya, babak ke dua baru saja berjalan 3 menit, Giovani Dos Santos sudah mencetak gol yang membawa Mexico unggul 1 - 0. Keunggulan itu dinikmati Mexico selama hampir seluruh babak ke dua. Walaupun terjadi begitu banyaknya peluang, Belanda terus-menerus gagal mengeksekusi menjadi sebuah gol. Semakin mendekati akhir pertandingan, supporter Belanda semakin pesimis. Namun, tragis bagi Mexico, hanya beberapa menit menjelang berakhirnya pertandingan, terjadi kemelut di depan gawang, yang berakhir dengan gol yang dicetak Wesley Sneijder di menit ke-88. Gol itu sendiri sangat cantik. Saat terjadi kemelut di depan gawang, Sneijder berlari menyambut bola panas, dan melepaskan tembakan mendatar yang sangat tajam membobol gawang Ochoa.
Gol Sneijder memberikan semangat baru bagi Belanda dan para supporternya. Pertandingan kembali memanas. Baik Mexico dan Belanda menjadi lebih ngotot, sekaligus lebih berhati-hati. Sayangnya, pertandingan yang apik ini harus berakhir dengan kontroversial. Pada injury time babak ke dua menit ke-4, Arjen Robben sengaja menjatuhkan diri di kotak penalty, dan wasit memberikan keputusan yang sangat menyedihkan itu: hadiah penalty bagi Belanda. Penalty itu sukses dieksekusi oleh Klas Jan Huntelaar. Satu menit kemudian wasit meniup peluit panjang yang memupuskan harapan Mexico. Belanda pun melaju ke babak perempat final dengan caranya yang sangat memalukan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar